Total Tayangan Halaman

Jumat, 28 Februari 2014

PROFIL DS

DESA KWADUNGAN GUNUNG KECAMATAN KLEDUNG

Wilayah Kecamatan Kledung yang merupakan salah satu dari 20 kecamatan di kabupaten Temanggung berbatasan dengan : wilayah Barat dengan Kabupaten Wonosobo, Wilayah Utara dengan Kecamatan Bansari, Sebelah Timur Kecamatan Parakan dan Kecamatan Bulu dan Sebelah Selatan dengan Kabupaten Magelang. Yang  terletak pada Ketinggian tanah rata-rata 1.138 m dpl dengan suhu antara 29 oC dan 18 oC. Dengan rata-rata jumlah hari hujan 64 hari dan banyaknya curah hujan 22 mm/th. Kecamatan Kledung luas wilayah 3.221 ha, dengan jumlah penduduk 24.640 orang dan mempunyai 13 desa.
Salah satu dari 16 desa di Kecamatan Kledung adalah Desa Kwadungan Gunung yang terletak di ketinggian 950 m dari permukaan laut dan berjarak 4,1 km dari ibu kota Kecamatan Kledung dan 25 km dari ibu kota Kabupaten. Dengan luas 236,28 ha yang terbagi dalam lahan sawah - ha dan lahan bukan sawah 236,28 ha. Dari Lahan sawah bukan sawah dipergunakan untuk Bangunan/pekarangan, Ladang/tegal/huma, Hutan Negara/Rakyat dan lahan lainnya.
Desa Kwadungan Gunung terdapat 2 dusun yang terdiri dari 3 Rukun warga (RW) dan 10 Rukun tetangga (RT) dan terdapat 654 Rumah tangga. Jumlah penduduk 2.144 jiwa terdiri dari 1.075 jiwa Laki-laki dan 1.069 jiwa Perempuan.
Penduduk usia 10 tahun keatas bermatapencaharian Petani tanaman pangan, Peternak, Petani Perkebunan, Petani Tanaman Kehutanan, Pertambangan/Penggalian, Industri Pengolahan, Bangunan dan Pedagangan, Hotel & Rumah Makan, Pengangkutan&Komunikasi, Bank&Lembaga Keuangan Lainnya, Jasa-jasa dan Lainnya.
Untuk sumber air minum berasal dari Mata air. Dan untuk penerangan 534 menggunakan PLN dan - menggunakan sarana listrik lainnya.
Dalam bidang pendidikan banyaknya penduduk di atas 5 tahun yang Tamat PT/Universitas 49 orang, Tamat Akademi 15 orang, Tamat SLTA/sederajat 291 orang, Tamat SLTP/ sederajat 337 orang, Tamat SD/sederajat 855 orang, Tidak tamat SD - orang dan Belum/ tidak sekolah 408 orang. Untuk sarana pendidikan terdapat 1 unit TK, 2 unit SD,  1 unit SMP/Mts dan - unit SMU.
Bidang Kesehatan terdapat Prasarana kesehatan - unit Polikinik, 1 unit Puskesmas,  - unit Puskesmas pembantu, 2 unit Posyandu,  - unit Polides, - orang Dokter Umum, - orang Dokter Gigi, 2 orang Bidan/Perawat/Mantri, 1 orang Dukun Bayi dan 3 orang Dukun Pijat.
Tanaman pangan yang dikembangkan di desa ini adalah Jagung dan Ketela Rambat. Tanaman sayuran yang dikembangkan berupa Cabe, Bawang Putih, Bawang Merah, Kacang Merah, Kentang, Sawi dan Kubis. Buah-buahan yang dikembangkan adalah -. Sedangkan tanaman perkebunan yang dikembangkan berupa Tembakau dan Kopi.
Ternak yang dikembangkan di desa tersebut berupa Sapi, Kelinci, Kambing/domba,  Ayam buras dan Ayam Ras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar